Minggu, 22 April 2012

Surat Tolakan untuk Cek


Kliring di anggap selesai setelah ada perisiwapenolakan kliring. Bila belum ada penolakan, kliring belum dianggap selesai. Bila siti mengirimkan surat untuk karman, kalau ada sesuatu hal terjadi, maka siti harus menolak cek Nn D dan B/G PT 2.

Contoh Gambar1

Siti                                                            Karman

Cek tnA = 2 juta                                    Cek tn. C = 3 juta
Cek tnB = 5juta                                     Cek Nn D = 5juta
B/G pt.x = 10juta                                   Cek Ny F = 4juta
B/G PT.Y= 12juta                                  B/G PT.Z = 18 juta
Nota Kredit = 22juta                              Nota Kredit = 15 juta






Semua ini adalah Semua ini adalah
surat yang siti kirimkan surat yang karman kirimkan untuk siti
untuk karman

Jadi logikanya adalah cek Tn A adalah tagihannya siti kepada karman.

Ada contoh lagi misalnya tgl 15/4 ialah 20juta
lalu besoknya tanggal 16/4 ialah 15juta jadi 1juta nya call money menjadi 16juta.
kalau tgl 15 dia gak Call Money berarti dia kurang dari 8%

Semua ini untuk proses akhir hari dihitungnya, dimana diperiksa setiap rekening saldo. Tapi tgl 16 dia bisa saja gak perlu call money lagi, karna pada tanggal 16/4 = 16juta itu saja sudah cukup jadi call money bisa hilang.

Bank Draft


Ø  Bank  Draff
Termasuk  kedalam mail transfer digunakan untuk transfer ke luar negeri
Ø  Bank  Draff  zaman dulu namanya WESEL
Ø  Bank  Draff  lebih murah dari payment order
Ø  BCA, BNI, DANAMON, MANDIRI, DLL. Semua bank bergabung dalam satu lingkaran disebut dengan cirilus Bank/atm bersama (hanya Bank tertentu)
Ø  Surat penagihan antar Bank dengan beda kota disebut surat Inkaso biasa sering disebut dengan surat penagihan/collection.
Ø  LC (Letter of Credit) adalah jaminan untuk mengirim barang/uang (transaksi perdagangan) syaratnya LC diterbitkan, harus mengirim uang lewat bank yang menerbitkan LC.
Ø  LC juga butuh asuransi menjamin keamanan dalam perjalanan pengiriman.
Ø  Safe deposit ialah kotak penyimpanan untuk menyimpan logam mulia. Dulu lebih banyak yang menyimpan sertifikat tapi sekarang menyimpan logam mulia. Biasanya yang mempunyai safe deposit itu di Negara Amerika, eropa yang menyimpan logam mulia.

Minggu, 08 April 2012

Menghitung Bunga

Bank mendapatkan keuntungan dari dua sumber yaitu :
1. Interest speread, yang terdiri dari :
a. Deposit, deposit terdiri dari:
- Tabungan
- Giro
- Deposito

b. Loan

1. Fee, yang terdiri dari :
a. kliring
b. transfer
c. inkaso
d. latter of credit (LC)
e. bank garansi (BG)
f. safe deposit box
g. valas

Metode yang digunakan untuk menghitung bunga yaitu :
1. Perhitungan bunga saldo akhir
2. Perhitungan bunga saldo rata-rata
3. Perhitungan bunga saldo terendah
4. Perhitungan bunga perubahan saldo (daily)


I. Perhitungan bunga saldo akhir

1. Untuk menghitung bunga deposit yaitu

%i x hari bunga (HB) x nominal/ 365

2. Menghitung bunga Loan

%i x hari bunga (HB) x nominal/ 360



II. Perhitungan bunga saldo rata-rata

Saldo1/ hari + saldo2/hari + saldo3/hari


III. Perhitungan saldo terendah

(saldo1+saldo2+saldo3)/ jumlah transaksi


Untuk saldo awal bulan yaitu, setelah menghitung bunga uang mengendap maka bunga tersebut du jumlahkan dengan saldo akhir. Hasilnya akan menjadi saldo di awal bulan selanjutnya

Sabtu, 07 April 2012

makalah tentang pemroduksian dan pemasaran pakaian anak-anak


Nama kelompok beserta NPM
1. Boby Hermawan (14209460)
2. Earl Kamal Dimara (10209910)
3. Galih Jayalana  (10209138)
4. Lukeria Ariningrum  (12209548)
5. Selvina Emilia (13209777)


PENDAHULUAN

Dewasa ini kebutuhan produksi akan pakaian semakin hari semakin menigkat seiring dengan tingkat pertumbuhan seseorang semakin hari semakin bertambah hal ini menyebabkan pakaian menjadi salah satu kebutuhan primer bagi kebanyakan orang. tanpa pakaian seseorang otomatis tidak akan bisa hidup dengan layak. hal ini menyebabkan komoditi bahan dalam pembuatan pakaian semakin diperlukan oleh produsen. Pakaian anak – anak salah satunya menjadi komponen produksi bagi perusahaan – perusahaan garmen.Berbagai macam merk bersaing memperebutkan konsumen dalam pasar industry.
            Pemasaran hal ini sangat dibutuhkan oleh produsen untuk dapat meningkatkan voume produksi, tingkat keuntungan, serta brand minded bagi konsumen tentunya hal ini dapat memberikan dampak positif bagi perusahaan. Oleh karena itu perlu adanya diferensiasi dari setiap produk pakaian anak – anak agar dapat memberikan ciri tersendiri setiap produsen baik dari segi warna, tekstur bahan, model, jenis, fungsi, dan kelompok umur yang berbeda. Jadi perlulah berbagai terobosan dalam proses memasarkan produk pakaian tersebut.


PEMBAHASAN

            Bisnis fashion memiliki wilayah yang sangat luas,ada berbagai macam jenis pakaian yang bisa dijadikan usaha. Ada pelaku bisnis yang mengambil semua porsi bisnis pakaian ini, namun ada pula yang mengambil spesialisasi terhadap satu jenis pakaian atau menyasar segmen tertentu.Misalnya saja pakaian untuk ibu hamil, pakaian remaja atau pakaian untuk anak-anak.Pemilihan usaha pakaian pada segmen tertentu terkadang diperlukan agar usaha pakaian yang dilakukan lebih fokus. Namun kadang menyediakan semua jenis pakaian akan memberikan banyak pilihan kepada pembeli. Namun ini memerlukan modal dan pemasaran yang lebih baik.
            Untuk strategi pemasaran usaha pakaian anak bisa dilakukan melalui berbagai cara. Misalnya saja dengan membuka toko pakaian anak.Bila modal usaha untuk bisnis pakaian anak yang anda miliki terbatas, anda bisa berbisnis dari rumah, promosi dilakukan dari mulut ke mulut atau menawarkan pakaian di lokasi tempat anak dan orang tua berkumpul.Misalnya saja tempat penjemputan anak sekolah.Anda dapat pula menawarkan koleksi produk pakaian anak melalui Blackberry Messenger yang telah anda buat group sebelumnya.Setiap ada produk pakaian anak baru atau penawaran bisa langsung dibroadcast dengan cepat.Respon dari pembelipun bisa lebih cepat.
Yang pentingdipertimbangkan dalam usaha pakaian anak ini adalah masalah model pakaian, sesuaikan model pakaian dengan yang sedang tren. Misalnya saja disesuaikan dengan tema film kartun yang sedang digemari anak-anak akan menarik pembeli.
Dalam masa pertumbuhan ,ukuran tubuh anak akan berkembang dengan cepat. Untuk mengantisipasi hal ini maka anda harus menyediakan produk yang anda jual dalam beragam ukuran untuk satu mode pakaian.Sehingga apabila pelanggan anda mencari mode tersebut maka barang tersebut tersedia dan anda tak kehilangan pelanggan.          
Tidak diperlukan modal yang banyak untuk membuka usaha pakaian anak, apalagi di zaman modern ini.Teknologi memungkinkan untuk menjalankan usaha pakaian anak dari rumah seolah-olah anda memiliki toko pakaian anak yang besar.Jika anda tidak memiliki keahliaan mendesain dan membuat sendiri, menjadi distributor adalah pilihan tepat. Membeli pakaian anak dari grosir akan memberikan harga yang bersaing. Di awal anda memang harus berjuang untuk mendapatkan chanel grosir baju anak. Selanjutnya jika sudah banyak kenalan grosir baju anak, anda akan dapat harga yang miring.
Sangat banyak dan berbagai jenis pakaian anak – anak yang banyak diminati oleh para ibu untuk para anak – anaknya seperti Onesies, Piyama, Kaus kaki, Topi, Oto, Dress, sweater, jaket, dll.Dengan semakin banyaknya varian yang unik, semakin banyak juga konsumen yang tertarik dari berbagai faktor entah dari warna, model, jenis. Bicara soal warna, warna salah satu hal yang paling diperhatikan di mata konsumen, karena dengan pemilihan warna yang pas, anak kita akan merasa nyamandan pastinya kita tidak akan malu.


PENUTUP
           
Usaha pakaian anak sebenarnya memiliki peluang yang bagus untuk dijadikan usaha, potensi pasar untuk pakaian anak ini cukup besar.Karena angka kelahiran bayi sangat cepat dan sangat banyak.Jadi menurut kami usaha pakaian anak cukup menjanjikan.Karenaperkembangan industry garmen pun sudah meningkat pesat.Pemilihan usaha pakaian pada segmen tertentu terkadang diperlukan agar usaha pakaian yang dilakukan lebih fokus. Namun kadang menyediakan semua jenis pakaian akan memberikan banyak pilihan kepada pembeli. Namun ini memerlukan modal dan pemasaran yang lebih baik.


Pemasangan Iklan

PENGANTAR PERIKLANAN
Periklanan memegang peranan yang cukup penting dan merupakan bagian darikehidupan industri modern, dan umumnya hanya bisa ditemukan di Negara-negaramaju atau Negara-negara yang tengah berkembang. Kebutuhan akan adanya periklanan berkembang seiring dengan pertumbuhan penduduk dan kota-kota yangdipenuhi oleh banyak toko, restoran dan pusat-pusat perdagangan dan penyedia jasa.Selain itu perkembangan periklanan juga sangat dipengaruhi dengan perkembanganmedia baik cetak maupun media elektronik.
Periklanan = Bisnis IdePeriklanan bukanlah bisnis menggambar atau bisnis komputer grafis, Periklananadalah bisnis ide dan kreatifitas (Roman, Maas & Nisenholtz, 2005) Menggambar hanyalah ekspresi citra yang kita tuangkan sebagai bentuk konsep ide di dalam pikirannamun akarnya tetap ide itu sendiri, menggambar lebih merupakan sarana untuk mencapai tujuan.Proses mengungkapkan ide dalam bentuk gambar penting dalam periklanan, namungambar yang bagus dan indah bukan hal yang utama karena kita hanya dituntut untuk dapat menuangkan ide dalam bentuk citra gambar (Lwin & Aitchison. 2005)Jadi, mampu menggambar dengan baik bukan persyaratan di dunia periklanan.Memiliki naluri dan ide pemasaran yang memungkinkan untuk memadukan sebuahusulan penjualan dan nilai-nilai komersial sebuah gagasan jauh lebih penting.
Periklanan & KebohonganHanya satu tujuan biro iklan membuat iklan, yaitu menjual.Dalam membuat iklantugas biro iklan adalah “to minimize the weakness and maximize the strength”. Bukanmenipu atau membohongi konsumen.Dalam teknik penyampaian pesan iklan ada yang disebut teknik dramatisasi,teknik ini berbeda dengan kebohongan. Perbedaanya dalam konteks ilmu periklanan adalah(Madjadikara, 2004) :
Kebohongan :Memberikan informasi tentang sesuatu yang tidak benar dengan maksud menipu danmemperdaya sasaran
Dramatisasi :Memberikan informasi tentang sesuatu yang benar dengan cara melebih-lebihkan sifatdan keadaannya, dengan maksud untuk menarik perhatian sasaran.Teknik dramatisasi inilah yang kemudian membuat iklan sering mendapat kritikan(hiperrealitas), padahal dramatisasi inilah sebenarnya hal yang menarik dalam iklan.teknik inilah yang ditunggu dan jadi media penghibur sasaran. Para pemirsamenghendaki agar sebuah iklan itu juga sekaligus dapat menjadi media hiburan,dimana memang diperlukan khayalan visual yang didramatisasi.Semua jenis media hiburanpun seperi film, sinetron dan drama selalu menggunakanteknik ini, dramatisasi memang harus ada. Tanpa dramatisasi baik iklan, film, sinetrondan drama akan menjadi terasa "kering" dan tidak menghibur.Selain itu iklan merupakan hasil riset yang mendalam terhadap konsumen, sehinggaiklan hanyalah mencerminkan masyarakat bukan bermaksud membentuknya (Lwin &Aitchison. 2005). Konsumen bukanlah mahluk yang tidak mempunyai pikiran dan  tidak bebas meskipun ada iklan. Artinya konsumen mengetahui mana yangkebohongan mana yang informasi dalam kemasan dramatis.
Legenda Periklanan Dunia
Leo BurnettLeo Burnett Agency, ChicagoMendirikan biro iklan di Chicago. Filosofi biro iklannya adalah “Gapailah ketinggian,karena dengan cara itu kita tidak akan mengejar segenggam lumpur”. Prinsipnya yang paling terkenal adalah “Ide Besar”. Menurutnya setiap kampanyeHarus mengandung ide yang Akan bertahan selama bertahun-tahun danmemisahkannya dengan hal yang lain. Beberapa karya periklanan Burnett bersumber  pada nilai-nilai kemanusiaan universal.
Rooser Reeves (1910-1984)Ted Bates & Co, New York Tokoh periklanan pada tahun 1950-an di biro iklan Ted Bates New York. Iamenerbitkan buku “Reality in Advertising” di tahun 1961 semasa aktif di Ted Batesdan menjadi best-seller.Teorinya yang paling terkenal di dalam periklanan adalah USP atau biasa disebut “Unique Selling Proposition“ dan mengantarkan Rosser Reeves menjadi terkenal di bidang periklanan.Ia menggambarkan USP di (dalam) tiga komponen yang mengedepankan prinsip dariteknik menjual agresif Menurutnya tugas iklan adalah memasukkan merek sebanyak mungkin kedalam kotak mental, dengan cara menjual ciri khas dari produk tersebut.
Bill Bernbach (1911-1982)Doyle Dane Bernbach, New York "Aku memperingatkan kamu untuk melawan terhadap kepercayaan bahwa iklanadalah suatu ilmu pengetahuan "Bernbach memimpin revolusi periklanan pada dekade 1960-an dan menjadikannyasalah satu kekuatan kreatif paling berpengaruh di dalam sejarah periklanan. Di biroiklan Doyle Dane Bernbach (DDB) New York, ia mempelopori iklan yang dibuatlebih jenaka, lebih cerdas dan kadang sangat tidak sopan.Ia adalah seorang Adman yang banyak mengilhami orang lain. Setelah kematianBernbach pada Oktober 1982, prinsipnya berdampak lebih besar pada kultur Amerikadibanding para Adman lain yang telah lahir 133 tahun sebelumnya"16 tahun kemudian, Dampak Bernbach berlanjut dan tidak berkurang. Ia dianugrahidaftar kehormatan Iklan abad 20 sebagai orang yang paling berpengaruh dalam periklanan. Pengaruhnya masih hidup dan relevan untuk membantu memberi petunjuk untuk industri periklanan sampai abad 21.Bagi penulis naskah dan pengarah seni muda yang masih berkembang harusmempelajari kampanye klasik Bernbach karena banyak dari apa yang diyakininyatelah menjadi “hukum kreatif” bagi orang-orang iklan.Prinsipnya yang palig terkenal adalah menempatkan iklan sebagai sebuah seni bukanilmu pengetahuan." Iklan bukan suatu ilmu pengetahuan, Iklan adalah bujukan. Dan bujukan adalahsuatu seni." – Bill Bernbach  David Ogilvy (1911-1999)Ogilvy & Mather Worldwide, New York Ogilvy adalah Adman yang terkenal di dunia.Ia adalah raksasa di dalam bisnis periklanan selain nama besar Bill Bernbach, Leo Burnett, Ted Bates, Rosser Reevesdan raksasa periklanan lain dalam bisnis itu.Pesaingnya Ed Ney, yang memimpin Young & Rubicam mengatakan:"Ia mahluk cerdas yang sangat Kompetitif. Ia membawa gaya kepada bisnis periklanan. Bernbach OK, tetapi David adalah terbaik dari yang terbaik"Di tahun 1975, dia disebut sebagai "ahli sihir yang paling dicari di dalam industri periklanan."David menjadikan bisnis periklanan sangat menarik dan mengundang banyak orangcerdas kedalamnya. Bukunya Confessions of an Advertising Man adalah buku palinglaris yang diterbitkannya di tahun 1962, dan diterbitkan kembali di inggris lebih dari40 tahun kemudian. Buku itu telah mempengaruhi pandangan dari banyak orangtentang bisnis periklanan.Pendiri biro iklan Ogilvy & Mather ini filosofinya banyak didasarkan pada hasil riset.Prinsipnya yang paling kontroversial dan jadi perdebatan adalah “tidak seorangpunakan membeli sesuatu dari seorang pelawak atau komedian dan bahwa tulisan putih diatas latar belakang hitam akan sulit dibaca”. Namun prinsipnya bahwa “konsumen itu bukan orang yang bodoh, ia adalah istrianda” merupakan prinsip yang sulit terbantahkan.
John HegartyBartle Bogle Hegarty, New York Menciptakan kampanye iklan legendaris : levis, lego, audiJohn yang bertubuh mungil dan ceking, bersama teman-temannya mendirikan BBH ditahun 1982 dan semenjak saat itu merebut serangkaian penghargaan kreatif Menurutnya untuk membuat iklan yang baik craftsmanship merupakan hal yang penting karena saat ini kita hidup di budaya visual. Orang lebih peduli pada pencitraan dibanding masa sebelumnya.Cara kita berbusana, dalam hal yang kitakerjakan, bahkan makan.Semuanya bersifat visually driven.Orang mengambilkeputusan berdasarkan visual. pakar periklanan Amerika ini juga menyebutkan, globalisasi membuat produk-produk memiliki kualitas yang hampir serupa. Sekarang industri lebih banyak bersaingdengan menyentuh emosi dan gengsi konsumen. Hegarty mengatakan, saat inikonsumen membeli barang bukan karena keunggulannya tapi karena produk tersebutmembuat sang konsumen percaya, merasa yakin, dan jatuh cinta. Itulah yang disebutdengan Emotional Selling Proposition (www.pertamina.com/indonesia/head_office)
Jean Marie DruTBWA WorldwideDisturbtion adalah pendekatan revolusioner terhadap periklanan yang dikembangkanoleh Jean Marie Dru dari biro iklan TBWA Worldwide.Ia mengatakan jika perusahaan tidak menciptakan perubahan maka perubahanlah yang akan menciptakanmereka. Dru percaya bahwa iklan harus mengganggu kenormalan yang dapatdiprediksi, sehingga dapat masuk ke dalam koteks yang sama sekali baru
Jay ChiatChiat/Day, CaliforniaPendiri biro iklan Chiat/Day yang sangat berpengaruh di California, dan berhasilmengangkat derajat biro iklan yang tidak berlokasi di Madison Avenue.Jay adalah sosok yang mempesona, menghebohkan dan memiliki daya juang tinggi.Salah satu ungkapannya yang terkenal adalah “How big can we get, before we get bad?”.
Iklan dan PemasaranPeriklanan dan pemasaran adalah dua hal yang sangat sulit untuk dipisahkan,keduanya saling berkait antara satu dengan yang lain. Iklan tidak pernah lepas darikegiatan pemasaran (widyatama, 2005) Iklan merupakan bagian dari bauran promosi, promosi sendiri merupakan salah satu elemen dari bauran pemasaran ( 4 P ). Namunyang harus diingat bahwa sebuah kampanye pemasaran tidak bisa “hanya”mengandalkan periklanan.Dalam sebuah kolom di majalah Cakram yang ditulis Finala Abiyadi, disebutkan bahwa di antara fungsi empat "P", product, price, packaging, dan promotion, yangmasing-masing memegang seperempat bagian dalam sebuah industri, iklan memilikiseperempat bagian di wilayah promosi.Dari seperempat bagian tersebut, iklan juga masih harus berbagi dengan kampanyelini bawah, kehumasan dan lainnya.Sehingga setelah ditotal oleh Finala, fungsi iklanhanyalah seperenambelas.Dapat dikatakan bahwa iklan hanya memiliki nilaiseperenambelas dari sebuah kegiatan pemasaran. Maka artinya sukses atau tidaknyasebuah produk tidak bisa hanya di tentukan oleh periklanan
Biro IklanDalam lembaga periklanan hampir semua pekerja di biro-biro iklan bekerja atas dasar kontrak bagi organisasi atau perusahaan lain. Perusahaan besar biasanya memiliki unit periklanan sendiri, namun fungsinya biasanya terbatas, dalam urusan periklanan besar  biasanya akan memakai jasa biro iklan eksternal.
Secara umum biro iklan yang memberikan jasa full service advertising dapat dibagidalam empat fungsi (widyatama, 2005), yaitu :
1. Merancang Strategi IklanYaitu membuat perencanaan dari tahapan :- Pembuatan strategi periklananPada tahapan ini peran dari klien sangat dibutuhkan, karena marketing brief yangdibuat oleh klien yang berisi informasi dan situasi pasar harus lengkap dan dapatdipahami oleh agensi. Sehingga pihak biro iklan dapat merangkumnya dalam creative brief untuk acuan bagi tim kreatif dalam menentukan kreatifitas periklanan- menentukan pesan periklananKecenderungan client adalah ingin memasukkan sebanyak mungkin pesan. Pihak agency biasanya akan berdalih bahwa komunikasi yang bagus itu adalah yang singlemessage. Terutama untuk produk paritas dengan USP yang notabene sama dengan produk kompetitor - menentukan kreatifitas periklananhingga merencanakan atau mendesain bagaimana isi dan strategi penyampaian pesan
bagaimana ilustrasi dan bentuk iklan yang akan dibuat, untuk siapa saja iklan tersebutakan disampaikan, dan di media mana saja iklan tersebut akan dipasang

2. Memproduksi IklanFungsi ini merupakan kelanjutan dari fungsi perencanaan, yaitu mengkongkritkan perencanaan iklan dalam bentuk nyata. Namun bisa saja terjadi, perencanaan disusunoleh pihak lain sementara biro iklan hanya memproduksi saja berdasarkan perencanaan yang telah dibuat.

3. Menyeleksi MediaFungsi biro iklan yang lain adalah menyeleksi media yang digunakan. Dalam dunia periklanan media merupakan faktor yang cukup vital dalam menentukan keberhasilaniklan.Oleh karena itu biro iklan sangat berhati-hati dalam penyeleksian mediatersebut.

4. Menempatkan IklanSetelah alternatif media telah dipilih, maka langkah selanjutnya adalah proses penempatan iklan. Penempatan iklan yang dimaksud adalah penyerahan materi iklan pada media yang telah dipilih.

Karir Kreatif Periklanan Sebenarnya ada dua rute yang bisa diambil untuk masuk ke sebuah agensi.Yang pertama sebagai seorang Pengarah Seni (Art Director) atau sebagai seorang Penulis Naskah (Copywriter). Kedua jabatan itu sebenarnya pada akhirnya akan melebur karena tuntutan pekerjaan. Seorang pengarah seni harus bisa bermain dengan kata-kata dan begitu juga sebaliknya, seorang penulis naskah harus bisa berpikir secaravisual. Sehingga konsep yang dikeluarkan akan menjadi lebih matang. Kedua bidangdiatas ada sebenarnya untuk membagi tugas dan sebuah karya yang menggabungkandua pikiran akan menjadi lebih baik.

Pengarah SeniSatu rahasia terbesar dalam dunia periklanan: Anda tidak harus bisa menggambar untuk menjadi seorang pengarah seni. Seperti telah dijelaskan di atas bahwa periklanan adalah bisnis ide.Untuk masuk ke bidang ini, hal yang paling utamaadalah mempunyai cita rasa visual yang tinggi. Sebuah bidang karya yang secaravisual berantakan akan merusak sebuah konsep yang kuat. Oleh karena itulah seorang pengarah seni diperlukan.Untuk mengemas sebuah dagangan sehingga konsumenmau membelinya.Bagaimana caranya memperoleh hal tersebut?Secara akademis, ada beberapa jalan yang bisa diambil untuk mengasahnya.DesainGrafis adalah pilihan yang paling umum. Disitu kita dapat mempelajari teknik-teknik dasar grafis yang akan membantu kita untuk memperindah karya mulai dari tipografi,teori warna hingga komunikasi visual.Pilihan lain adalah Fotografi. Seorang pengarahseni yang baik adalah seseorang yang mempunyai mata yang tajam secara visual.Diaharus tahu teknik pencahayaan yang baik, tata letak yang rapi (ataupun yang berantakan) dan tentunya bagaimana menggabungkan semua elemen visual dalamsebuah karya.Mungkin itulah yang mengharuskan seorang pengarah seni untuk menguasai minimal kedua bidang diatas.Dan dia juga harus sangat rewel.Dalam artikata, sewaktu membuat sebuah karya, dia harus sangat teliti dalam setiap detilnya.


Heading, kerning, leading dan ing-ing lainnya.Itulah yang membuatnya bekerjasemalaman sementara si penulis naskah tidur di sofa ruang televisi lantai tiga.
Penulis NaskahJalan untuk menjadi seorang penulis relatif lebih mudah karena bidang ini lebih banyak didominasi oleh kecintaan seseorang untuk menulis.bisa saja kuliah di jurusan Pertanian, tapi seorang penulis amatir yang gemar menelan semua jenis karyatulis. Kemungkinan besar akan bisa menjadi seorang penulis. Semudah itukah? Tentusaja Tidak.Karena penulis naskah diharuskan untuk berbicara ke beberapa juta konsumen dengan bahasa dan jargon mereka masing-masing sesuai dengan ciri khas mereka.membuatsebuah cerita mengenai sebuah produk sehingga konsumen merasa terpanggil, simpatidan pada akhirnya ingin mencobanya.Akhir-akhir ini, banyak penulis naskah yangtidak terlalu mengindahkan gaya tulisan mereka. Mungkin karena trend sekarangsudah sedikit mengecilkan peran mereka sebagai penulis, karena banyak iklan-iklanyang keluar sekarang tidak memuat banyak tulisan. Tapi sebuah karya tulis yangindah tidak akan bisa membuat seseorang menjadi bosan begitu membacanya. Setiap paragraf mengundang pembaca untuk terus berjalan menuju paragraf berikutnya,sampai pada akhirnya pembaca sampai ke tujuan akhir dan tersenyum puas.Itulahyang seharusnya seorang penulis naskah cari dalam membuat karyanya.Membawa pembaca dalam ruang imajinasinya dan membiarkannya bergerak leluasa.Tidak gampang. Sangat susah. Tapi menantang.Dan jangan pernah takut diancamoleh seorang pengarah seni untuk memperpendek sebuah tulisan.

REFERENSI
Buku-Roman, Kenerth, Jane Maas & Martin Nisenholtz (2005)How To Advertise, Membangun Merek dan Bisnis dalam Dunia Pemasaran Baru, PT.Elex Media Komputindo, Jakarta.-Lwin, May and Jim Aitchison (2005). Clueless in Advertising, Bhuana Ilmu Populer,Jakarta-Madjadikara, Agus S (2004). Bagaimana Biro Iklan Memproduksi Iklan ? PT.Gramedia Pustaka, Jakarta-Widyatama, Rendra (2005). Pengantar Periklanan.Buana Pustaka Indonesia. Jakarta


Pemasangan Iklan      : Ditujukan agar masyarakat atau konsumen tahu terhadap produk atau jasa yang ditawarkan oleh produsen melalui berbagai media seperti TV, Radio, Majalah, Koran, Internet.
Keuntungan dan kemajuan            : - Menambah keuntungan sebuah perusahaan dan serta juga penyedia iklan                                   - Mempengaruhi tingkat penjualan produk.                                   - Brand minded bagi konsumen

Manfaat                     : Perusahaan : - Menambah keuntungan sebuah perusahaan dan serta juga penyedia iklan                                                      - Mempengaruhi tingkat penjualan produk.                                                      - Brand minded bagi konsumen.                                    Konsumen  : Tahu akan produk atau jasa yang akan dikonsumsi.

Jenis Iklan                  : Audio -> Radio                                    Audio Visual -> TV                                    Media cetak -> Koran, majalah, tabloid                                    Teknologi -> Internet

Pertumbuhan               : Tentunya dengan adanya iklan, perusahaan akan mengalami tingkat  keuntungan yang besar dan tingginya daya tarik konsumen akan produk yang ditawar.


Pemasangan Iklan

PENGANTAR PERIKLANAN

Periklanan memegang peranan yang cukup penting dan merupakan bagian darikehidupan industri modern, dan umumnya hanya bisa ditemukan di Negara-negaramaju atau Negara-negara yang tengah berkembang. Kebutuhan akan adanya periklanan berkembang seiring dengan pertumbuhan penduduk dan kota-kota yangdipenuhi oleh banyak toko, restoran dan pusat-pusat perdagangan dan penyedia jasa.Selain itu perkembangan periklanan juga sangat dipengaruhi dengan perkembanganmedia baik cetak maupun media elektronik.

Periklanan = Bisnis Ide
Periklanan bukanlah bisnis menggambar atau bisnis komputer grafis, Periklananadalah bisnis ide dan kreatifitas (Roman, Maas & Nisenholtz, 2005) Menggambar hanyalah ekspresi citra yang kita tuangkan sebagai bentuk konsep ide di dalam pikirannamun akarnya tetap ide itu sendiri, menggambar lebih merupakan sarana untuk mencapai tujuan.Proses mengungkapkan ide dalam bentuk gambar penting dalam periklanan, namungambar yang bagus dan indah bukan hal yang utama karena kita hanya dituntut untuk dapat menuangkan ide dalam bentuk citra gambar (Lwin & Aitchison. 2005)Jadi, mampu menggambar dengan baik bukan persyaratan di dunia periklanan.Memiliki naluri dan ide pemasaran yang memungkinkan untuk memadukan sebuahusulan penjualan dan nilai-nilai komersial sebuah gagasan jauh lebih penting.

Periklanan & Kebohongan
Hanya satu tujuan biro iklan membuat iklan, yaitu menjual.Dalam membuat iklantugas biro iklan adalah “to minimize the weakness and maximize the strength”. Bukanmenipu atau membohongi konsumen.Dalam teknik penyampaian pesan iklan ada yang disebut teknik dramatisasi,teknik ini berbeda dengan kebohongan. Perbedaanya dalam konteks ilmu periklanan adalah(Madjadikara, 2004) :

Kebohongan :
Memberikan informasi tentang sesuatu yang tidak benar dengan maksud menipu danmemperdaya sasaran

Dramatisasi :
Memberikan informasi tentang sesuatu yang benar dengan cara melebih-lebihkan sifatdan keadaannya, dengan maksud untuk menarik perhatian sasaran.Teknik dramatisasi inilah yang kemudian membuat iklan sering mendapat kritikan(hiperrealitas), padahal dramatisasi inilah sebenarnya hal yang menarik dalam iklan.teknik inilah yang ditunggu dan jadi media penghibur sasaran. Para pemirsamenghendaki agar sebuah iklan itu juga sekaligus dapat menjadi media hiburan,dimana memang diperlukan khayalan visual yang didramatisasi.Semua jenis media hiburanpun seperi film, sinetron dan drama selalu menggunakanteknik ini, dramatisasi memang harus ada. Tanpa dramatisasi baik iklan, film, sinetrondan drama akan menjadi terasa "kering" dan tidak menghibur.Selain itu iklan merupakan hasil riset yang mendalam terhadap konsumen, sehinggaiklan hanyalah mencerminkan masyarakat bukan bermaksud membentuknya (Lwin &Aitchison. 2005). Konsumen bukanlah mahluk yang tidak mempunyai pikiran dan
 
tidak bebas meskipun ada iklan. Artinya konsumen mengetahui mana yangkebohongan mana yang informasi dalam kemasan dramatis.

Legenda Periklanan Dunia

Leo Burnett
Leo Burnett Agency, Chicago
Mendirikan biro iklan di Chicago. Filosofi biro iklannya adalah “Gapailah ketinggian,karena dengan cara itu kita tidak akan mengejar segenggam lumpur”. Prinsipnya yang paling terkenal adalah “Ide Besar”. Menurutnya setiap kampanyeHarus mengandung ide yang Akan bertahan selama bertahun-tahun danmemisahkannya dengan hal yang lain. Beberapa karya periklanan Burnett bersumber  pada nilai-nilai kemanusiaan universal.

Rooser Reeves (1910-1984)
Ted Bates & Co, New York 
Tokoh periklanan pada tahun 1950-an di biro iklan Ted Bates New York. Iamenerbitkan buku “Reality in Advertising” di tahun 1961 semasa aktif di Ted Batesdan menjadi best-seller.Teorinya yang paling terkenal di dalam periklanan adalah USP atau biasa disebut “Unique Selling Proposition“ dan mengantarkan Rosser Reeves menjadi terkenal di bidang periklanan.Ia menggambarkan USP di (dalam) tiga komponen yang mengedepankan prinsip dariteknik menjual agresif Menurutnya tugas iklan adalah memasukkan merek sebanyak mungkin kedalam kotak mental, dengan cara menjual ciri khas dari produk tersebut.

Bill Bernbach (1911-1982)
Doyle Dane Bernbach, New York 
"Aku memperingatkan kamu untuk melawan terhadap kepercayaan bahwa iklanadalah suatu ilmu pengetahuan "
Bernbach memimpin revolusi periklanan pada dekade 1960-an dan menjadikannyasalah satu kekuatan kreatif paling berpengaruh di dalam sejarah periklanan. Di biroiklan Doyle Dane Bernbach (DDB) New York, ia mempelopori iklan yang dibuatlebih jenaka, lebih cerdas dan kadang sangat tidak sopan.Ia adalah seorang Adman yang banyak mengilhami orang lain. Setelah kematianBernbach pada Oktober 1982, prinsipnya berdampak lebih besar pada kultur Amerikadibanding para Adman lain yang telah lahir 133 tahun sebelumnya"16 tahun kemudian, Dampak Bernbach berlanjut dan tidak berkurang. Ia dianugrahidaftar kehormatan Iklan abad 20 sebagai orang yang paling berpengaruh dalam periklanan. Pengaruhnya masih hidup dan relevan untuk membantu memberi petunjuk untuk industri periklanan sampai abad 21.Bagi penulis naskah dan pengarah seni muda yang masih berkembang harusmempelajari kampanye klasik Bernbach karena banyak dari apa yang diyakininyatelah menjadi “hukum kreatif” bagi orang-orang iklan.Prinsipnya yang palig terkenal adalah menempatkan iklan sebagai sebuah seni bukanilmu pengetahuan.
" Iklan bukan suatu ilmu pengetahuan, Iklan adalah bujukan. Dan bujukan adalahsuatu seni." – Bill Bernbach
 
David Ogilvy (1911-1999)
Ogilvy & Mather Worldwide, New York 
Ogilvy adalah Adman yang terkenal di dunia.Ia adalah raksasa di dalam bisnis periklanan selain nama besar Bill Bernbach, Leo Burnett, Ted Bates, Rosser Reevesdan raksasa periklanan lain dalam bisnis itu.Pesaingnya Ed Ney, yang memimpin Young & Rubicam mengatakan:"Ia mahluk cerdas yang sangat Kompetitif. Ia membawa gaya kepada bisnis periklanan. Bernbach OK, tetapi David adalah terbaik dari yang terbaik"Di tahun 1975, dia disebut sebagai "ahli sihir yang paling dicari di dalam industri periklanan."David menjadikan bisnis periklanan sangat menarik dan mengundang banyak orangcerdas kedalamnya. Bukunya Confessions of an Advertising Man adalah buku palinglaris yang diterbitkannya di tahun 1962, dan diterbitkan kembali di inggris lebih dari40 tahun kemudian. Buku itu telah mempengaruhi pandangan dari banyak orangtentang bisnis periklanan.Pendiri biro iklan Ogilvy & Mather ini filosofinya banyak didasarkan pada hasil riset.Prinsipnya yang paling kontroversial dan jadi perdebatan adalah “tidak seorangpunakan membeli sesuatu dari seorang pelawak atau komedian dan bahwa tulisan putih diatas latar belakang hitam akan sulit dibaca”. Namun prinsipnya bahwa “konsumen itu bukan orang yang bodoh, ia adalah istrianda” merupakan prinsip yang sulit terbantahkan.

John Hegarty
Bartle Bogle Hegarty, New York 
Menciptakan kampanye iklan legendaris : levis, lego, audi
John yang bertubuh mungil dan ceking, bersama teman-temannya mendirikan BBH ditahun 1982 dan semenjak saat itu merebut serangkaian penghargaan kreatif Menurutnya untuk membuat iklan yang baik craftsmanship merupakan hal yang penting karena saat ini kita hidup di budaya visual. Orang lebih peduli pada pencitraan dibanding masa sebelumnya.Cara kita berbusana, dalam hal yang kitakerjakan, bahkan makan.Semuanya bersifat visually driven.Orang mengambilkeputusan berdasarkan visual. 
pakar periklanan Amerika ini juga menyebutkan, globalisasi membuat produk-produk memiliki kualitas yang hampir serupa. Sekarang industri lebih banyak bersaingdengan menyentuh emosi dan gengsi konsumen. Hegarty mengatakan, saat inikonsumen membeli barang bukan karena keunggulannya tapi karena produk tersebutmembuat sang konsumen percaya, merasa yakin, dan jatuh cinta. Itulah yang disebutdengan Emotional Selling Proposition (www.pertamina.com/indonesia/head_office)

Jean Marie Dru
TBWA Worldwide
Disturbtion adalah pendekatan revolusioner terhadap periklanan yang dikembangkanoleh
Jean Marie Dru dari biro iklan TBWA Worldwide.Ia mengatakan jika perusahaan tidak menciptakan perubahan maka perubahanlah yang akan menciptakanmereka. Dru percaya bahwa iklan harus mengganggu kenormalan yang dapatdiprediksi, sehingga dapat masuk ke dalam koteks yang sama sekali baru

Jay Chiat
Chiat/Day, CaliforniaPendiri biro iklan Chiat/Day yang sangat berpengaruh di California, dan berhasilmengangkat derajat biro iklan yang tidak berlokasi di Madison Avenue.Jay adalah sosok yang mempesona, menghebohkan dan memiliki daya juang tinggi.Salah satu ungkapannya yang terkenal adalah “How big can we get, before we get bad?”.

Iklan dan Pemasaran
Periklanan dan pemasaran adalah dua hal yang sangat sulit untuk dipisahkan,keduanya saling berkait antara satu dengan yang lain. Iklan tidak pernah lepas darikegiatan pemasaran (widyatama, 2005) Iklan merupakan bagian dari bauran promosi, promosi sendiri merupakan salah satu elemen dari bauran pemasaran ( 4 P ). Namunyang harus diingat bahwa sebuah kampanye pemasaran tidak bisa “hanya”mengandalkan periklanan.Dalam sebuah kolom di majalah Cakram yang ditulis Finala Abiyadi, disebutkan bahwa di antara fungsi empat "P", product, price, packaging, dan promotion, yangmasing-masing memegang seperempat bagian dalam sebuah industri, iklan memilikiseperempat bagian di wilayah promosi.
Dari seperempat bagian tersebut, iklan juga masih harus berbagi dengan kampanyelini bawah, kehumasan dan lainnya.Sehingga setelah ditotal oleh Finala, fungsi iklanhanyalah seperenambelas.Dapat dikatakan bahwa iklan hanya memiliki nilaiseperenambelas dari sebuah kegiatan pemasaran. Maka artinya sukses atau tidaknyasebuah produk tidak bisa hanya di tentukan oleh periklanan

Biro Iklan
Dalam lembaga periklanan hampir semua pekerja di biro-biro iklan bekerja atas dasar kontrak bagi organisasi atau perusahaan lain. Perusahaan besar biasanya memiliki unit periklanan sendiri, namun fungsinya biasanya terbatas, dalam urusan periklanan besar  biasanya akan memakai jasa biro iklan eksternal.

Secara umum biro iklan yang memberikan jasa full service advertising dapat dibagidalam empat fungsi (widyatama, 2005), yaitu :

1. Merancang Strategi Iklan
Yaitu membuat perencanaan dari tahapan :- Pembuatan strategi periklananPada tahapan ini peran dari klien sangat dibutuhkan, karena marketing brief yangdibuat oleh klien yang berisi informasi dan situasi pasar harus lengkap dan dapatdipahami oleh agensi. Sehingga pihak biro iklan dapat merangkumnya dalam creative brief untuk acuan bagi tim kreatif dalam menentukan kreatifitas periklanan- menentukan pesan periklananKecenderungan client adalah ingin memasukkan sebanyak mungkin pesan. Pihak agency biasanya akan berdalih bahwa komunikasi yang bagus itu adalah yang singlemessage. Terutama untuk produk paritas dengan USP yang notabene sama dengan produk kompetitor - menentukan kreatifitas periklananhingga merencanakan atau mendesain bagaimana isi dan strategi penyampaian pesan

bagaimana ilustrasi dan bentuk iklan yang akan dibuat, untuk siapa saja iklan tersebutakan disampaikan, dan di media mana saja iklan tersebut akan dipasang

2. Memproduksi Iklan
Fungsi ini merupakan kelanjutan dari fungsi perencanaan, yaitu mengkongkritkan perencanaan iklan dalam bentuk nyata. Namun bisa saja terjadi, perencanaan disusunoleh pihak lain sementara biro iklan hanya memproduksi saja berdasarkan perencanaan yang telah dibuat.

3. Menyeleksi Media
Fungsi biro iklan yang lain adalah menyeleksi media yang digunakan. Dalam dunia periklanan media merupakan faktor yang cukup vital dalam menentukan keberhasilaniklan.Oleh karena itu biro iklan sangat berhati-hati dalam penyeleksian mediatersebut.

4. Menempatkan Iklan
Setelah alternatif media telah dipilih, maka langkah selanjutnya adalah proses penempatan iklan. Penempatan iklan yang dimaksud adalah penyerahan materi iklan pada media yang telah dipilih.

Karir Kreatif Periklanan
Sebenarnya ada dua rute yang bisa diambil untuk masuk ke sebuah agensi.Yang pertama sebagai seorang Pengarah Seni (Art Director) atau sebagai seorang Penulis Naskah (Copywriter). Kedua jabatan itu sebenarnya pada akhirnya akan melebur karena tuntutan pekerjaan. Seorang pengarah seni harus bisa bermain dengan kata-kata dan begitu juga sebaliknya, seorang penulis naskah harus bisa berpikir secaravisual. Sehingga konsep yang dikeluarkan akan menjadi lebih matang. Kedua bidangdiatas ada sebenarnya untuk membagi tugas dan sebuah karya yang menggabungkandua pikiran akan menjadi lebih baik.

Pengarah Seni
Satu rahasia terbesar dalam dunia periklanan: Anda tidak harus bisa menggambar untuk menjadi seorang pengarah seni. Seperti telah dijelaskan di atas bahwa periklanan adalah bisnis ide.Untuk masuk ke bidang ini, hal yang paling utamaadalah mempunyai cita rasa visual yang tinggi. Sebuah bidang karya yang secaravisual berantakan akan merusak sebuah konsep yang kuat. Oleh karena itulah seorang pengarah seni diperlukan.Untuk mengemas sebuah dagangan sehingga konsumenmau membelinya.Bagaimana caranya memperoleh hal tersebut?
Secara akademis, ada beberapa jalan yang bisa diambil untuk mengasahnya.DesainGrafis adalah pilihan yang paling umum. Disitu kita dapat mempelajari teknik-teknik dasar grafis yang akan membantu kita untuk memperindah karya mulai dari tipografi,teori warna hingga komunikasi visual.Pilihan lain adalah Fotografi. Seorang pengarahseni yang baik adalah seseorang yang mempunyai mata yang tajam secara visual.Diaharus tahu teknik pencahayaan yang baik, tata letak yang rapi (ataupun yang berantakan) dan tentunya bagaimana menggabungkan semua elemen visual dalamsebuah karya.Mungkin itulah yang mengharuskan seorang pengarah seni untuk menguasai minimal kedua bidang diatas.Dan dia juga harus sangat rewel.Dalam artikata, sewaktu membuat sebuah karya, dia harus sangat teliti dalam setiap detilnya.





Heading, kerning, leading dan ing-ing lainnya.Itulah yang membuatnya bekerjasemalaman sementara si penulis naskah tidur di sofa ruang televisi lantai tiga.

Penulis Naskah
Jalan untuk menjadi seorang penulis relatif lebih mudah karena bidang ini lebih banyak didominasi oleh kecintaan seseorang untuk menulis.bisa saja kuliah di jurusan Pertanian, tapi seorang penulis amatir yang gemar menelan semua jenis karyatulis. Kemungkinan besar akan bisa menjadi seorang penulis. Semudah itukah? Tentusaja Tidak.
Karena penulis naskah diharuskan untuk berbicara ke beberapa juta konsumen dengan bahasa dan jargon mereka masing-masing sesuai dengan ciri khas mereka.membuatsebuah cerita mengenai sebuah produk sehingga konsumen merasa terpanggil, simpatidan pada akhirnya ingin mencobanya.Akhir-akhir ini, banyak penulis naskah yangtidak terlalu mengindahkan gaya tulisan mereka. Mungkin karena trend sekarangsudah sedikit mengecilkan peran mereka sebagai penulis, karena banyak iklan-iklanyang keluar sekarang tidak memuat banyak tulisan. Tapi sebuah karya tulis yangindah tidak akan bisa membuat seseorang menjadi bosan begitu membacanya. Setiap paragraf mengundang pembaca untuk terus berjalan menuju paragraf berikutnya,sampai pada akhirnya pembaca sampai ke tujuan akhir dan tersenyum puas.Itulahyang seharusnya seorang penulis naskah cari dalam membuat karyanya.Membawa pembaca dalam ruang imajinasinya dan membiarkannya bergerak leluasa.Tidak gampang. Sangat susah. Tapi menantang.Dan jangan pernah takut diancamoleh seorang pengarah seni untuk memperpendek sebuah tulisan.


REFERENSI

Buku
-Roman, Kenerth, Jane Maas & Martin Nisenholtz (2005)
How To Advertise, Membangun Merek dan Bisnis dalam Dunia Pemasaran Baru, PT.Elex Media Komputindo, Jakarta.
-Lwin, May and Jim Aitchison (2005). Clueless in Advertising, Bhuana Ilmu Populer,Jakarta
-Madjadikara, Agus S (2004). Bagaimana Biro Iklan Memproduksi Iklan ? PT.Gramedia Pustaka, Jakarta
-Widyatama, Rendra (2005). Pengantar Periklanan.Buana Pustaka Indonesia. Jakarta







Pemasangan Iklan      : Ditujukan agar masyarakat atau konsumen tahu terhadap produk atau jasa yang ditawarkan oleh produsen melalui berbagai media seperti TV, Radio, Majalah, Koran, Internet.

Keuntungan
dan kemajuan            : - Menambah keuntungan sebuah perusahaan dan serta juga penyedia iklan
                                   - Mempengaruhi tingkat penjualan produk.
                                   - Brand minded bagi konsumen


Manfaat                     : Perusahaan : - Menambah keuntungan sebuah perusahaan dan serta juga penyedia iklan
                                                      - Mempengaruhi tingkat penjualan produk.
                                                      - Brand minded bagi konsumen.
                                    Konsumen  : Tahu akan produk atau jasa yang akan dikonsumsi.


Jenis Iklan                  : Audio -> Radio
                                    Audio Visual -> TV
                                    Media cetak -> Koran, majalah, tabloid
                                    Teknologi -> Internet


Pertumbuhan               : Tentunya dengan adanya iklan, perusahaan akan mengalami tingkat  keuntungan yang besar dan tingginya daya tarik konsumen akan produk yang ditawar.

Minggu, 01 April 2012

ROLE OF GOVERNMENT AND DOMESTIC INVESTORS IN CAPITAL MARKET GROWING

Mark Mobius practitioners and experts in the international investment industry argued that the introduction of foreign investors into the market of course serves as a catalyst, which encourage local investment. Foreign capital entry into certain countries allow businesses in the country to grow at a rate faster than if only mobilize domestic resources.

Only cash flows from investment portfolios are often concerned only the flow of hot
money from other countries. Flows are often known as the capital of this fight is viewed by government as a speculative investment, are unreliable and tend to be full of activities to take profit (profit taking) in the capital market. At a later stage funds, as this will cause instability in the domestic economy.

The problem that has always been a scourge in the stock market has actually voiced by many economists, and regulatory practitioners in the industry. It's just that we just like to hear the information coming from out of left ear right ear. The problem is to create a quality flow of investment funds is not the quantity of flow of funds. The quality of investment is the amount of funds invested over the long term that is used to construct the real sector.

Is simply to maintain a stable macro economy (eg inflation, economic growth, etc.), one way to make it happen is by creating a system of fair and competitive market. Competitive and fair means that there are no beneficiaries in excess due to the biased information and vice versa. As an example of extortion are rampant in our country are performed by actors who netted in a particular syndicate, to pay these charges, for example, the company facilitated the licensing arrangement rather than a company that does not do that. Illegal fees also contain a high price uncertainty because there are no clear standards and conducted illegally. Illegal fees can be categorized as a cost burden due to the risks that cause higher production costs.

Douglass North argued many transaction costs associated with the overall economic performance, the lower the transaction costs of a country will experience more economic growth can be maintained. Specifically, Gayle P. W. Jackson in his article entitled Government for Modern Markets suggests that to reduce the uncertainty due to transaction costs can be done with the cover, a clear system of ownership, the use of standard, wide and increasing resources, regulators stringent, having a data base and ensure the smooth dissemination of information resulting in competitive climate to reduce asymmetric information.

The role of government as regulator function is not quite as sophisticated as any restrictive regulations and if not done with the consciousness (awareness) is high for sure will go next half and each actor will always find a gap of regulation. The Government should also be a role as a guarantor that provides assurance to both domestic and foreign investors. Economic assurance is not enough, the government must somehow be able to give legal certainty and the certainty of political conditions. Because the two factors are also closely related to cultured human resource factor.

Utopian trinkets that had been used as a massive campaign by the government should start to really run. The hope is that the effect can seep down (trickle-down effect) is to change the culture, behavior and the behavior of government that gives moral support to the community. But this is not necessarily able to succeed on its own, the government also must be able to guide people to dare to be a domestic invetor resulting in a movement from bottom to top (bottom up).

Capital markets such as these have a tendency to higher return but higher the risk. Momentum flow of foreign funds during the time that adorn the Indonesia capital market should also be welcomed by the domestic flow of funds to be able to increase the market capitalization. In this way, the role of capital markets as the driving wheel of development and enhancing the welfare of society can be realized. The capital market is not only controlled by one or two groups only, but is an integrated system to move together between government, business, and society.