Senin, 27 Desember 2010

TUGAS SOFTSKIL KOPERASI




NAMA ANGGOTA KELOMPOK

 Adhitia Novitasari (16209124)

 Boby Hermawan (14209460)

 Muhammad Didiet Pratama (13209763)



UNIVERSITAS GUNADARMA



KATA PENGANTAR


Puji syukur ke hadirat tuhan yang maha esa,karena atas perkenan-NYA penyusunan makalah yang membahas tentang Manfaat koperasi itu untuk Anggota dan Masyarakat ini dapat diselesaikan dengan baik.Dengan mempelajarinya diharapkan pembaca dapat memahami dan mengetahui bagaimana cara penulisan tata paragraph bahasa Indonesia yang benar.

Oleh karena itu,penyajian materi dalam makalah ini dituangkan dengan bahasa yang sederhana agar pembaca mudah memahami konteks yang diberikan serta mampu menguasainya secara mandiri.

Akhirnya,penyusun berharap semoga kehadiran makalah ini dapat membantu dalam proses kegiatan belajar mengajar.Namun demikian,penyusun menyadari bahwa dalam penyajiannya makalah ini masih banyak kekurangan.Oleh karena itu,kritik dan saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan.





AWAL TERBENTUKNYA RANCANGAN KOPERASI DI GUNADARMA

Pada tahun 2008 gunadarma baru membentuk rancangan koperasi,dan rancangan koperasi tersebut sudah berjalan dengan efektif,dan rancangan ini sudah berjalan selama 2 tahun,tetapi sampai saat ini rancangan tersebut masih saja hanya sebatas rancangan belum terbentuknya koperasi seutuhnya,dan belum berbadan hukum.namun mekanisme pendekatannya mau mendekati koperasi seutuhnya.



LETAK KOPERASI DI GUNADARMA

Letak koperasi di gunadarma berada di kampus D,G,dan H, dan mahasiswa dapat mengunjungi koperasi gunadarma yang dapat di jangkau oleh mahasiswa karena di dukung oleh sarana & prasana nya yang sudah memadai.

SISTEM KEUANGAN

Sistem keuangan di koperasi gunadarma masih di danai oleh pihak kampus dan dananya tersebut 100% milik kampus.dalam pencatatannya menggunakan system akuntansi sesuai jurnal dan tatanannya,para pegawai yang bekerja di koperasi di gunadarma system penggajiannya masih dari kampus 100% untuk membayar pesangon para pegawainya.biaya tranfortasi masuk jadi HPP,bukti pembayaran di arsip untuk 5 tahun mendatang.dan para pegawainya sebagian besar alumni,dan staff pengajar.



HAMBATAN DAN SUKA DUKA

Hambatan koperasi ini masih ada beberapa hal yang masih belum di setujui dan ada yang di blacklist oleh kampus,dan koperasi kampus belum bergerak secara leluasa untuk membangun koperasi secara seutuhnya. dan suka dukanya masih jauh dari harapan untuk mengayomi mahasiswa untuk mendatangi koperasi di kampus,dan akan berupaya lagi untuk mengkoordinir semua mahasiswa untuk membangun koperasi ini.



RENCANA KEDEPAN MEMBANGUN KOPERASI

Ingin membuka peluang kepada mahasiswa untuk bekerja sama membangun koperasi dan mensejahterahkan koperasi di kampus karena sejauh ini pemerataan dalam pelayanan koperasi belum dapat dinikmati oleh seluruh mahasiswa aktif universitas gunadarma



PENUTUP



KESIMPULAN



Peranan Koperasi sangat bagus dalam menunjang kemudahan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan minat & bakat yang dimilikinya.

Koperasi sebaiknya ada pada setiap Universitas di semua jenjang pendidikan.

Pengelolaan Koperasi harus dilaksanakan sesuai dengan tujuan dan fungsinya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar