Rabu, 10 Oktober 2012

NILAI-NILAI KEJUJURAN DAN ANTI KORUPSI


Kick Andy, 05 oktober 2012


Dalam tayangan Kick Andy pada hari jum’at pada tanggal 05 oktober 2012, topik yang diangkat oleh pembawa acara sangat bagus sekali, yaitu mengenai Nilai – nilai kejujuran dan pendidikan anti korupsi yang diajarkan pada anak-anak sekolah. 




Bintang tamu pertama dalam acara tersebut yaitu seorang kepala sekolah SMP Kanisius Kudus bernama Bapak Basuki Sugita, beliau merupakan seorang sangat betul-betul peduli akan nilai-nilai kejujuran dan pentingnya anti korupsi bagi siswanya. Beliau juga melakukan langkah-langkah yang sangat bagus dan inovatif dalam menumbuh kan nilai-nilai kejujuran didalam lingkungan sekolahnya, diantaranya beliau telah mengadakan Kantin Kejujuran, Telepon Kejujuran dan Ular tangga anti-Korupsi.






Kantin kejujuran merupakan salah satu tindakan beliau yang pertama disekolahnya, memang hal inin sudah tidak asing lagi dalam dunia persekolahan dan merupakan hal yang sering kita temui di setiap sekolah. Kantin kejujuran ini didirikan pada tanggal 19 desember 2005, pada awal pembukaannya kantin kejujuran ini banyak mengalami kerugian mulai dari kehilangan barang dagangan sampai tidak mendapat keuntungan sama sekali, namun hal itu tidak membuat bapak basuki putus asa, beliau terus menerus memberi tahukan kepada anak didiknya supaya bertindak jujur dan akhirnya sampai saat ini kantin kejujuran berjalan dengan lancar.

Hal kedua yang dilakukan Bapak Basuki yaitu mengadakan telepon kejujuran, berawal dari para siswa yang sering membawa HP ke sekolah. Pada tahun 2006 ada seorang siswa yang kehilangan HP ketika HP tersebut dikumpulkan oleh pihak sekolah, akhirnya pihak sekolah mengganti rugi HP anak didik nya dan harga HP pada saat itu sekitar 2,5 juta rupiah, harga yang cukup tinggi pada saat itu. Mulai saat itu pihak sekolah mengadakan Telepon kejujuran, mekanisme penggunaannya adalah pihak sekolah menyediakan fasilitas telepon selular berupa GSM dan CDMA yang bisa digunakan oleh siswanya untuk menelepon jika ada sesuatu hal yang penting, pihak sekolah memberikan tarif yang sangat terjangkau oleh siswa-siswi nya yaitu Rp 1000/menit untuk GSM dan Rp 300/menit untuk CDMA. Ketika sedang berjalan ada saja kerugian yang di alami oleh pihak sekolah misalnya pulsa abis dan uang tidak ada dikotak yang sudah disediakan.
Dan hal yang terakhir yang dilakukan pihal sekolah untuk menumbuhkan nilai-nilai kejujuran dan anti korupsi yaitu dengan membuat Ulat tangga anti Korupsi, yaitu suatu permainan ular tangga yang bermaksud untuk mengajarkan siswa-siswi nya agar tidak melakukan korupsi yaitu dengan tidak mengambil jalan pintas dalam permainan tersebut.



Dalam episode tersebut juga ditayangkan  sebuah video seorang penarik becak bernama Abdul Mukti yang membuat usaha Bensin kejujuran dan Warung kejujuran. Kios tersebut tidak ada yang menjaga sama sekali, dalam kios itu terdapat banyak bensin eceran yang kita bisa beli tanpa ada penjual. Beliau bermaksud mengajarkan mengenai kejujuran kepada masyarakat luas dengan diadakannya Bensin kejujuran dan Warung Kejujuran.

Dari semua tulisan dan melihat program Kick Andy mengenai Nilai-nilai Kejujuran dan Anti Korupsi, dapat disimpulkan sangat penting sekali menanamkan nilai-nilai kejujuran dari masi anak-anak sampai beranjak dewasa dan mengajarkan pula mengenai bahaya nya korupsi bagi orang lain dan negara. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar